Minggu, 08 Mei 2016

belajar guitar dengan tangan kiri/kidal

Kunci-kunci Dasar Belajar Gitar Kidal

Kunci A

 Sobat,
Mudah-mudahan gambar dan arahan ini membuat sobat semua yang lagi belajar gitar kidal terbantu. Trus untuk yang sudah bisa, mohon beri masukannya...Ingat..!! Semua arahan ini tidak merubah posisi senar gitarnya.


Kunci A
Kunci A pada permainan gitar kidal menurut saya tergolong mudah dipraktekkan. Jari telunjuk menekan senar 2, jari tengah di senar 3 dan jari manis di senar 4. Ketiganya berada di fret 2.





Kunci B



Kunci B
Untuk kunci B, jari telunjuk berfungsi menekan senar 1 di fret 2. Sementara, jari tengah menekan senar 2, jari manis di senar 3 dan jari kelingking di senar 4. Ketiganya dilakukan di fret 4 sebagaimana yang ada di gambar.






Kunci C
Kunci C
Untuk kunci C, rentangan jari cukup lebar. Biasanya, untuk pertamakali seseorang akan kesulitan mempraktekkan kunci ini. Namun, lama-kelamaan pasti akan terbiasa. Untuk mempraktekkan kunci ini, saya sarankan sering berlatih meregangkan jari.
Untuk kunci C, jari telunjuk menekan senar 2 di fret 1. Sementara jari tengah di senar 4 (fret 2) dan jari manis di senar 5 (fret 3).






Kunci D
Kunci D
Secara teori, kunci D pada permainan gitar kidal sama dengan kanan. Hanya saja posisi jari pasti berbeda. Agar lebih mudah, gunakan jari telunjuk untuk menekan senar 1 dan jari tengah di senar 3 (keduanya di fret 2). Sementara jari manis di senar 2 (fret 3).

Kunci E

Kunci E
Sebagaimana kunci D, kunci E juga relatif mudah dipelajari. Jari telunjuk menekan senar 3 di fret 1. Sementara jari tengah di senar 4 dan jari manis di senar 5 (keduanya di fret 2).









Kunci F

Kunci F
Sama dengan kunci B dan C, pertama-tama dulu saya agak kesulitan menguasai kunci ini. Bahkan sampai harus belajar berkali-kali di malam hari hehehe..Untuk lebih gampangnya, biasanya semua senar (1-6) di fret 1 saya tutup menggunakan jari manis. Lalu, jari tengah menekan senar 3 di fret 2. Di fret 3, jari manis menekan senar 4 dan jari kelingking di senar 5. Mudah-mudahan bisa bunyi hahaha.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar